Kurikulum

Taman Kanak-kanak – Kurikulum
Kurikulum TK Raudlatul Jannah didesain dengan menerapkan sistem transformasi keseluruhan. Menyeimbangkan antara pembentukan sikap dan pengembangan potensi dasar. Mengkaji dari berbagai sumber, seperti Kurikulum 2004, Kurikulum Depag, terintegrasi dengan Beyond Center And Circle Time (BCCT) dalam sentra Persiapan, Seni, Sain, Ibadah, Musik & olah Tubuh, Balok dan sentra Keluarga serta berbagai kajian perkembangan anak usia prasekolah. Menggunakan prinsip enjoyfull learning yang bernafaskan Al Qur’an dalam penerapan pembelajaran dengan tetap mengembangkan potensi Multiple Intelegences, diharapkan anak berkembang menjadi anak yang berakhlak karimah.

Desain Kurikulum TK Raudlatul Jannah meliputi tiga hal :

1. Pembentukan Perilaku
Program ini bertujuan untuk menanamkan sikap dasar, membentuk perilaku serta meletakkan dasar -dasar kepribadian pada anak. Meliputi :

a. Aqidah
Diharapkan anak mengenal Allah dan dapat merasakan keberadaanNya.
b. Akhlak
Anak dapat meneladani akhlak rosul Muhammad SAW.
c. Ibadah
– Anak dapat melakukan gerakan sholat, bacaan sholat dan mengetahui waktu sholat
– Anak dapat melakukan gerakan wudlu
– Dapat menghafal surat pendek dan do’a harian
d. Emosi
Diharapkan anak dapat berkompromi dengan emosinya sendiri.
e. Sosialisasi
Anak dapat bersosialisasi dengan baik.
f. Kemandirian
Anak dapat melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab diri.
g. Kedisiplinan
Anak dapat melaksanakan aturan-aturan yang ada.

2. Pengembangan Potensi Dasar
Program pengembangan kemampuan dasar ini bertujuan untuk mengembangkan potensi akademis anak. Meliputi:

a. Bahasa
Anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis.
b. Kognitif
Anak mampu memahami konsep sederhana, memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
c. Fisik Motorik
Anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan sebagai persiapan untuk menulis, keseimbangan, kelincahan dan melatih keberanian.
d. Seni
Anak mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi, menggunakan berbagai media / bahan menjadi suatu karya seni.

3. Pengembangan keterampilan Dasar
   a. Anak dapat membaca huruf hijaiyah lepas & sambung
– Kelompok A Lulus Tilawati Jilid I
– Kelompok B Lulus Tilawati Jilid II
b. Anak dapat membaca & menulis huruf latin dua suku kata
– Kelompok A Lulus Ayo Membaca Jilid I
– Kelompok B Lulus Ayo Membaca Jilid II
c. Pengenalan kosa kata Bahasa Arab & Bahasa Inggris
d. Ekstrakurikuler
– Drum Band
– Menari
– Menggambar & Mewarnai
– Sosio Drama
– Angklung & Bina Vokalia
e. Program Penunjang
o Peringatan Hari Besar Islam / Nasional
1. Muharram
2. Ramadhan
3. Halal Bihalal
4. Isro’ Mi’roj
5. Idul Adha
6. Hari Kemerdekaan RI
7. Hari Anak Nasional
8. Hari Pendidikan Nasional
9. Hari Kartini
10. Hari Maulid Nabi

o Pengembangan Kreativitas dan Karyawisata
1. Senam cerdas ceria, setiap hari Jum’at
2. Jalan-jalan , setiap akhir semester
3. Proyek Tema sesuai sentra
4. Karyawisata sesuai dengan tema pembelajaran di kelas, seperti : Outbound, taman Rekreasi, Happy Cooking, Berkebun, dll.

o Program kesehatan Sekolah
1. Pemeriksaan Kesehatan umum setiap 6 bulan sekali
2. Pemeriksaan Kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali
3. Praktek gosok gigi
4. Pemberian vitamin A setiap 6 bulan sekali
5. Pekan Imunisasi Nasional
6. Makan Bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s